Kamis, 02 Desember 2010

MATERI KELAS IX

Tidak ada komentar:
BAB I
PENGERTIAN DASAR INTERNET


1.       Apa itu internet?
Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network. Jika diterjemahkan secara langsung berarti jaringan yang saling terhubung. Internet adalah kumpulan computer yang saling terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan. Ada dua peranana internet yang sangat penting, yakni:
1.       Sebagai sumber data dan informasi
2.       Sebaga sarana pertukaran data dan informasi
Sebagai sumber data dan informasi, internet menyimpan berbagai jenis informasi dalam jumlah yang tidak terbatas. Kita dapat mengakses informasi apapun di internet.

          INTRANET
   Suatu jaringan komputer yang saling terhubung digunakan oleh suatu sistem organisasi dengan luas tertentu (internet khusus)


2.       Berbagai aplikasi internet
Dari sekian banyak aplikasi internet yang ada saat ini, yang paling banyak dikenal dan digunakan antaralain World Wide Web (WWW), E-mail, Mailing List, Newsgroup, IRC, FTP, telnet, Gopher, Ping, Blog dan situs jejaring social.
a.       World Wide Web (WWW)
 Merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan merupakan aplikasi yang paling penting. Aplikasi WWW dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. WWW adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat diseluruh dunia. Dokumen web tersebut di buat dengan menggunakan format hypertext dan hypermedia, yaitu HTML ( Hypertext Markup Language). Adalah layanan multimedia internet, layanan ini adalah yang paling diminati pengakses internet. WWW disukai karena mencakup sumber daya multimedia, antara lain suara, gambar, audio, video, teks dan animasi. Informasi yang ditampilkan menjadi lebih aktif dan interaktif. Layanan WWW lebih dikenal dengan nama WEB

b.      Electronic Mail (E-Mail)
Adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Kita dapat mengirim surat ke orang lain dalam bentuk file dokumen, gambar dan juga pesan singkat dengan biaya murah karena tidak menghitung bobot surat yang kita kirim.

c.       Mailing List
Adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui E-mail. Milis sebenarnya merupakan bentuk lain dari e-mail. Milis sangat cocok untuk koordinasi komunitas sesuai dengan minat dan kompetensinya. Misalnya Milis Alumni SMP, SMA, KAMPUS, dll


d.      Newsgroup
Adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. News group dapat dianggap seperti sebuah bulletin board, dimana setiap orang bebas menyatakan pendapatnya untuk dibaca oleh orang lain yang tergabung dalam kelompok tersebut. Sarana yang digunakan bisa menggunakan fasilitas IRC

e.      Internet Relay Chat (IRC)
Adalah aplikasi yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet. Bercakap-cakap di internet dikenal dengan istilah chatting. IRC= chatting. Percakapan di IRC menggunakan teks. Pengguna juga bisa saling bertatap muka satu sama lain dengan menggunakan perangkat webCam.

f.        File Transfer Protocol (FTP)
Adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirim atau mengambil file ke/dari computer lain. FTP memungkinkan transfer file lebih cepat. FTP banyak digunakan oleh perusahaan. FTP memungkinkan transfer data lebih cepat.

g.       Telnet
Adakah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses computer yang letaknya jauh. Dengan syarat kita mempunyai izin atau hak kekomputer yang ingin kita akses tersebut.

h.      Gopher
Adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun, informasi yang dicari hanya terbatas pada teks saja. Untuk mendapatkan informasi kita harus terhubung dengan gopher server yang ada di internet.

i.        Ping
Adalah singkatan dari Packet Internet Gopher. Ping digunakan untuk mengetahui apakah computer  yang kita gunakan terhubung dengan computer lain di internet. Pengecekan hubungan ini dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data. Misalnya : Ping 192.168.0.1

j.        Blog ( Web log)
Merupakan catatan harian yang ditayangkan secara online. Penulis yang menuliskan catatannya dinamakan Blogger. Media blog pertama kali adalah blogger.com milik pyraLab yang akhirnya diakuisis oleh google.com pada tahun 2002. Selain blogger.com masih banyak pihak yang menyediakan fasilitas untuk membuat blog, seperti wordpress.

k.       Situs Jejaring Sosial
Merupakan layana yang membuat antar anggotanya bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Disini kita bisa mencari teman, rekan bisinis, nasabah, dll. Web jejaring sosial yang populer di indonesia adalah Facebook (FB), Friendster (FS), Twitter, dll


Dari aplikasi yang ada di internet, maka sampai saat ini kegunaan internet yang dapat kita rasakan adalah sebagai berikut.
1.       Sarana untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi yang cepat dan murah.
2.       Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi. Misalnya, Koran nasional dapat dicetak didaerah, Koran masuk internet dsb.
3.       Sebagai media promosi dan beriklan baik oleh perusaahan maupun secara individu.
4.       Sarana komunikasi interaktif, seperti  pada E-mail, konferensi video, IRC dll
5.       Sarana penelitian dan pengembangan
6.       Sarana untuk mempertukarkan data.
7.       Sarana untuk mencari teman, dll


SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET

Pada tahun 1960-an Departemen Pertahanan Amerika Serikat khawatir akan kemungkinan terjadinya perang nuklir. Hal ini membuat dimulainya penelitian untuk menghubungkan computer-komputer yang dimiliki oleh departemen pertahanan dalam satu instalasi. Computer tersebut diharapkan dapat saling berkomunikasi dan tetap bertahan jika perang benar-benar terjadi. Pada bulan oktober 1962 dimulailah program riset computer di ARPA ( Advanced Research Projects Agency) dengan Josep Licklider sebagai ketua program pertama.
                Pada tahun 1965 dengan bantuan dana dari ARPA, Larry Robert dan Thomas Marril mencoba membuat koneksi Wide Area Network (WAN) yang pertama. Mereka menghubungkan computer TX-2 di MIT dengan computer Q-32 di santa monica melalui jaringan telepon. Dari percobaan tersebut disimpulkan bahwa jaringan telepon dapat melewatkan data, namun tidak efisisen karena menghabiskan bandwidth dan mahal. Kleinrock memprediksi model pengiriman paket data merupakan komunikasi antardua computer yang paling memungkinkan.
                Pada tahun 1966 Bob Taylor dari ARPA menerima bantuan dana dari beberapa universitas di Amerika Serikat untuk melakukan percobaan membuat jaringan yang menghubungkan computer-komputer dari sejumlah universitas yang mendanai percobaan ini. Tiga tahun kemudian jaringan tersebut berhasil dibuat yang disebut sebagai ARPANET. Jaringan ini kemudian menjadi cikal bakal lahirnya internet.
                Internet yang ada pada saat itu disebut dengan ARPANET, pertamakali online pada tahun1969. Pada awalnya ARPANET menghubungkan computer-komputer di berbagai universitas di bagian barat daya Amerika Serikat, antara lain Universitas of California Los angeles, Stanford Research institute, University of California santa Barbara dan university of Utah.
                Pada tahun 1971 The Network Working group menyelesaikan protocol Telnet. Protocol yang digunakan untuk mengakses sebuah computer dari jarak jauh. Selain itu, Network Working Group membuat kemajuan pada standar File Transfer Protokol (FTP), Protokol  yang digunakan untuk mendownload file. Pada tahun 1972,m Ray Tomlinson dari BBN menulis program yang dapat mengirimkan Surat secara elektronik melalui ARPANET. Tomlinson menggunakan symbol @ ( dibaca : et) untuk menghubungkan nama pengguna dan alamat E-mail. Pada akhir tahun 1980-an, symbol @ kemudian digunakan sebagai standar di seluruh dunia. Permasalah yang timbul untuk menghubungkan jaringan-jaringan computer ke dalam ARPANET alah banyaknya jaringan computer yang berbeda. Maka pada tahun 1973 dimulailah pengembangan sebuah protocol yang kemudian hari disebut denga protocol TCP/IP oleh sebuah kelompok yang dipimpin oleh Vinton Cerf dari Stanford dan Bob Khan dari DARPA ( Defense Advanced Projects Agency). Protocol tersebutmemungkinkan dua jaringan yang berbeda dapat saling beriterkoneksi dan berkomunikasi satu dengan yang lain.
                Pada Tahun 1984 ARPANet dibagi menjadi dua, yaitu MILnet dan ARPAnet.  MILnet digunakan untuk kepentingan militer Amerika Serikat sedangkan ARPANET di khususkan untuk melakukan riset.
                Pada tahun 1986 internet kemudian dipergunakan secara terbuka untuk umum. Pada tahun 1990 ARPANET resmi ditutup. Jaringan tersebut telah berkembang dari 4 jaringan computer yang tergabung didalamnya menjadi 300.000 jaringan.  Pada tahun 1991 di buat suatu jaringan baru, namanya NREN (Nation Research and Education Network) yang bertujuan untuk mengadakan riset jaringan berkecepatan tinggi.
SelainPerkembangan jaringan pengguna, kemajuan internet juga disertai dengan perkembangan teknologi, diantaranya teknologi DSL ( Digital Subscriber Lines ) yang mempunyai kemampuan untuk mengirimkan data lebih cepat, menggantikan teknologi sebelumnya yang dianggap tidak lagi memadai. Penggunaan jaringan nirkabel untuk koneksi ke internet juga sudah berkembang denga baik, saat ini kita dapat mengakses internet melalui jaringan nirkabel WiFi maupun melalui layanan GPRS dan 3G yang mempunyai kecepatan akses lebih tinggi dibandingkan dengan jaringan kabel.


RUANG LINGKUP INTERNET
          Internet memungkinkan komunikasi antarkomputer dengan menggunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang didukung media komunikasi, seperti satelit dan paket radio.
          TCP/IP ibarat bahasa yang dimengerti oleh semua janis komputer sehingga antarkomputer dapat saling berkomunikasi. Tanpa Protocol, tidak akan dapat saling berkomunikasi di internet
          Melalui internet, siapa pun dan kapan pun dapat leluasa mengakses berbagai macam informasi dari berbagai tempat.
          Informasi yang didapat tampak lebih hidup karena disajikan dalam bentuk gambar, teks, animasi, suara, maupun video.

PEMANFAATAN INTERNET UNTUK BISNIS
Kemampuan dan kehandalan yang dimiliki internet kemudian dimanfaatkan untuk menunjang bisnis yang digeluti  oleh berbagai perusahaan atau organisasi. Untuk beberapa aplikasi yang memanfaatkan internet, antara lain perdagangan seca elektronik, internet banking dan belajar jarak jauh.

1.       E-Commerce ( perdagangan secara elektronik)
Adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet. Internet memungkinkan orang atau organisasi yang berada pada jarak yang jauh dapat saling berkomunikasi dengan biaya yang murah. Hal ini kemudian dimanfaatkan untuk melakukan transaksi perdagangan. Ada banyak bentuk perdagangan secara elektronik yang dilakukan saat ini, antara lain internet banking, took online dsb.
Perdaganngan secara elektronik memberikan keuntungan baik bagi pedagang/perusahaan maupun bagi konsumen.

Keuntunga yang diperoleh bagi pedagang/perusahaan.
a.       Perdagangan secara elektronik memungkinkan perusahaan untuk menjual produknya kepada lebih banyak orang. Dengan kata lain, perusahaan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Misalnya, perusahaan atau took di Indonesia dapat menjual produknya kepada orang Amerika Serikat.
b.      Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi
c.       Biaya yang dikeluarkan perusahaan dapat dikurangi, karena perusahaan tidak perlu menyediakan took yang besar dan pegawai yang banyak.
d.      Karena biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dapat dikurangi, maka harga barang dapat dijual dengan harga yang lebih murah. Akibatnya, lebih banyak konsumen yang dapat menjangkau harga barang tersebut. Barang menjadi lebih banyak yang laku.
e.      Barang yang dijual murah dapat meningkat daya saing perusahaan.

Keuntungan bagi konsumen.
a.       Konsumen tidak perlu mendatangi took untuk mendapatkan barang, cukup memesan barang melalui internet, barang akan diantar kerumah.
b.      Konsumen dapat menghemat waktu dan biaya transportasi berbelanja.
c.       Konsumen mempunyai lebih banyak pilihan, karena dapat membandingkan semua produk yang ada di internet.
d.      Konsumen dapat membeli barang yang terdapat di Negara lain, yang di dalam negeri mungkin saja belum tersedia
e.      Harga barang yang dibeli menjadi lebih rendah.
Contoh perdagangan secara elektronik : apotikonline.com, tokobagus.com dll.

2.       Internet Banking
Internet banking sering juga disebut dengan Electronic Banking, cyberbanking, Virtual Banking, Home Banking dan Online Banking. Internet bangking adalah aktivitas perbankan yang dilakukan dari rumah, kantor, atau tempat-tempat lain dengan memanfaatkan internet. Internet banking memberikan keuntungan kepada nasabah bank, karena nasabah bank tidak perlu lagi dating ke bank untuk melakukan transaksi  perbankan. Hal ini akan menghemat waktu dan biaya perjalanan bagi nasabah. Keuntungan yang lain, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan kapan saja dan dimana saja asalkan tersedia jaringan internet.
Sedangkan bagi pihak bank, internet banking memungkinkan bank untuk mengurangi biaya operasional. Internet banking akan mengurangi nasabah yang datang ke bank, sehingga bank dapat menggunakan kantor yang lebih kecil dan pegawai yang lebih sedikit. Kedua hal tersebut menyebabkan bank dapat mengurangi  biaya sewa tempat dan gaji karyawan.
                Transaksi yang dapat dilakukan melalui internet banking adalah transfer uang, pengecekan uang, pemindahbukuan, pembayaran tagihan-tagihan, informasi rekening, dsb. Transaksi yang berhubungan dengan penyetoran dan pengambilan uang dilakukan dengan cara biasa, yaitu melalui teller bank atau ATM.
Salah satu bank di dunia yang merupakan pionir dari internet banking adalah Security First Network Bank (SFNB—www.sfnb.com). sedangkan di Indonesia adalah bank niaga, bank-bank di Indonesia yang telah menyediakan jasa internet banking antara lain, BCA, bank Mandiri, bank Lippo, BII, dll.

3.       BELAJAR JARAK JAUH.
Internet merupakan alat komunikasi yang murah. Internet juga memungkinkan terjadinya dialog seseorang dengan orang lain (one to one Communication), dan dialog seseorang dengan banyak orang (one to many Communication). Hal ini memungkinkan terjadinya diskusi antara dua orang dan diskusi antara banyak orang. Selain itu, internet juga memungkinkan terjadinya  komunikasi dengan tatap muka melalui teconference. Komunikasi audiovisual dapat terjadi dan memungkinkan komunikasi verbal dan non verbal terjadi secara langsung. Seperti untuk belajar jarak jauh.
                Ada beberapa factor yang harus dipenuhi agar internet dapat dimanfaatkan sebagai media belajar jarak jauh yang efektif, antara lain sebagai berikut.
1.       Institusi Penyelenggara
Institusi harus menyediakan peralatan yang memadai untuk terselenggaranya  proses belajar jarak jauh. Disamping itu, institusi juga harus menyediakan sumber daya manusia dan keuangan yang cukup untuk mendukung proses belajar-mengajar yang baik.
2.       Pengajar
Para  pengajar harus berusaha mengemas materi pelajaran agar menarik dan mudah dipahami. Para pengajar juga perlu dibekali kemampuan teknis internet yang cukup dan juga dibekali pemahaman yang cukup akan system yang digunakan.
3.       Siswa
Siswa harus mempunyai komitmen dalam proses belajar. Selain itu, siswa harus dilengkapi dengan kemampuan untuk menggukan internet.
4.       Teknologi
Pemanfaatan teknologi dan aplikasi yang tepat akan membuat proses belajar jarak jauh dapat terselenggara dengan baik dan mencapai hasil yang maksimal.

4.       KEAMANAN DATA DALAM TRANSAKSI  DI INTERNET.
Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga transaksi yang aman melaui took online dan internet banking adalah sebagai berikut :
Ø      Kita harus memahami prosedur yang diberikan oleh pihak bank, termasuk aspek-aspek penting sehubungan dengan keamanan data, sehingga data kita tidak jatuh ke tangan orang lain.
Ø      Selesai menggunakan layanan took online atau internet banking, kita harus memastikan telah keluar dari layanan tersebut ( logout) sebelum menutup browser atau meninggalkan computer yang digunakan.
Ø      Kita tidak boleh meniggalkan computer jika kita sedang login di internet banking.
Ø      Computer kita harus dilengkapi antivirus yang selalu aktif dan up to date. Antivirus akan mencegah masuknya virus spyware yang dapat merekam dan mencuri data-data kita.
Ø      Gunakan hanya computer pribadi untuk mengakses layanan toko online dan internet banking. Kita tidak boleh menggunakan computer yang biasa diakses oleh orang lain, seperti warnet.
Kita harus menjaga dengan aman informasi tentang nomor kartu kredit, user ID dan password milik kita.


HTML
Materi Pemrograman WEB
<HTML>
</HTML> Masing-masing baris di atas disebut tag (sekali lagi kita pakai istilah aslinya). Ada tag pembuka dan ada tag penutup. Untuk menuliskan tag penutup cukup tambahkan / di depan tag pembuka. Sebagian besar, tapi tidak semua, tag memiliki tag penutup. Anggaplah tag ini sebagai cara kita berbicara dengan browser, atau lebih tepat memberikan perintah. Yang baru saja anda katakan pada browser adalah "ini adalah awal dokumen HTML" (<HTML>) dan "ini adalah akhir dokumen HTML" (</HTML>). Sekarang kita perlu mengisinya dengan sesuatu
Setiap file HTML memerlukan pasangan tag HEAD.
<HTML>
<HEAD>
</HEAD>
</HTML> 
Satu-satunya yang harus kita pikirkan tentang isi tag HEAD (untuk saat ini) adalah TITLE.
<HTML>
<HEAD>
<TITLE></TITLE>
</HEAD>
</HTML> 
Dan isi sesungguhnya dari file tersebut akan kita tempatkan di antara tag BODY.
<HTML>
<HEAD>
<TITLE></TITLE>
</HEAD>
<BODY>
</BODY>
</HTML> 
Sekarang simpanlah file tersebut, bukan sebagai file teks (.txt), tetapi sebagai file html. Simpan dengan nama hal1.html di suatu folder baru. Kalau anda bingung bagaimana melakukannya, inilah yang harus anda lakukan.... Di window Notepad klik File kemudian SaveAs.
Anda akan menghadapi dialog box.
Buat folder baru dengan menekan ini ->
Beri nama apa saja. Kemudian klik dua kali untuk membukanya. Di kotak File name: tuliskan hal1.html Pada kotak Save as type: pastikan bahwa jenis file ini adalah All Files (*.*)
Kemudian tekan tombol Enter! 

Tidak ada komentar:

Entri Populer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

ANGGOTA BLOG SMPN 3 SAROLANGUN

Desain Oleh :