Sabtu, 04 Desember 2010

BAB III AKSES INTERNET

Tidak ada komentar:

 1.1         PERANGKAT UNTUK MENGAKSES INTERNET
Agar dapat terhubung dengan internet, sebuah computer harus dilengkapi dengan perangkat-perangkat keras sebagai alat komunikasi computer dengan internet dan perangkat lunak untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada di internet. Selain itu, agar dapat terkoneksi dengan internet, kita harus menggunakan layanan koneksi internet dari sebuah perusahaan jasa layanan internet.

1.1.1  Internet Service Provider (ISP)
Perusahaan jasa layanan koneksi ke internet disebut dengan  ISP (Internet Service Provider). Saat ini ada banyak perusahaan jasa layanan internet (ISP) yang ada di Indonesia. ISP-ISP di Indonesia tergabung dalam Asosiasi Penyelenggara Jasa Layanan Internet Indonesia (APJII).
                Ada beberapa criteria yang dapa digunakan untuk memilih sebuah ISP. Criteria-kriteria tersebut, antara lain sebagai berikut.
1.       Kecepatan transfer data
Satuan kecepatan transfer data adalah byte per second (bps). Artinya banyak bit data yang dapat dipindahkan dari satu computer ke computer lain dalam satu detik. Pada umumnya, ISP yang ada di Indonesia menggunakan modem berkecepatan 28,8; 33,6 atau 56 kbps. Sayangnya, kecepatan jaringan telepon yang ada di Indonesia masih berkisar antara 9,6 kbps hingga 28,8 kbps.
2.       Bandwidth
Bandwidth adalah lebar jalur saluran data yang dilewati secara bersama-sama oleh data yang ditransfer.
3.       Memiliki server proxy
Server froxy berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan. Dengan adanya server proxy, pelanggan dapat mengakses website-website favoritnya dengan lebih cepat.
4.       Memiliki backbone
Backbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet. Penggunaan beckbone secara bersama-sama dapat menghemat biaya, namun mengurangi kecepatan akses masing-masing ISP.
5.       Keamanan data
Kita perlu tahu apakah sebuah ISP menggunakan Firewall untuk menjamin keamanan transaksi online yang kita lakukan
6.       Layanan yang diberikan
Kita perlu tahu layanan apa saja yang diberikan, apakah lengkap atau tidak.
7.       Biaya
Kita harus tahu berapa besar biaya yang ditawarkan, cara pembayaran, peraturan pembayaran dan sebagainya.
8.       Hardware
Kita harus tahu seberapa komplitkah perangkat keras yang di dukung oleh layanan perusahaan tersebut.
9.       Teknologi yang digunakan
Kita harus tahu seberapa bagus teknologi yang digunakan dan seberapa komplit teknologi yang digunakan.

1.1.2  Perangkat Keras untuk Mengakses Internet
Melalui Koneksi Dial-Up
Jika kita menghubungkan computer ke internet dengan koneksi dial-Up, ada dua perangkat tambahan yang kita butuhkan, yaitu saluran telepon dan modem. Modem dibutuhkan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog ( sinyal Listrik) agar dapat dikirimkan melalui saluran telepon, dan juga sebaliknya untuk mengubah sinyal listrik menjadi sinyal digital agar dapat dimengerti computer. Ada dua jenis modem yang terdapat dipasaran, yaitu modem internal dan eksternal. Modem internal adalah modem yang dipasangkan langsung di mainboard computer, sedangkan modem eksternal adalah modem yang terpisah dengan computer. Modem jenis ini dihubungkan ke computer dengan menggunakan kabel.
                Keuntungan menggunakan modem internal adalah harganyan yang lebih murah. Kelemahannya adalahkarena pemasangannya yang lebih sulit dan penggunaannya tidak dapat dipindahkan dari satu computer ke computer yang lain ( harus membuka casing CPU dulu baru bisa).
                Keuntungan penggunaan modem eksternal adalah pemasangannya yang lebih mudah dan penggunaannya dapat di pindah dari satu computer ke computer yang lainnya dengan cara yang mudah (tanpa membuka casing CPU). Kelemahannya adalah harganya yang lebih mahal.
Melalui Teknologi ADSL ( Asymmetrical Digital Subscribe Line)
ADSL adalah teknologi yang mengirimkan sinyal-sinyal melalui kabel tembaga pada frekuensi yang berbeda dengan frekuensi yang digunakan untuk layanan telepon. Bila kita ingin mengakses internet menggunakan teknologi ADSL, kita harus mempunyai sebuah modem ADSL, jalur telepon dan terdaftar pada ISP yang mempunyai layanan ADSL.

Melalui Jaringan LAN
Agar dapat dihubungkan dengan computer server di LAN, computer kita harus memiliki kartu jaringan. Beberapa motherboard keluaran terbaru telah dilengkapi dengan kartu jaringan. kita tidak perlu lagi membelinya secara terpisah. Selanjutnya, untuk menghubungkan sebuah computer dengan computer lain, kita memerlukan kabel UTP.

Melalui Jaringan GPRS ( General Packet Radio Service)
GPRS merupakan teknologi pengiriman data dalam bentuk paket-paket menggunakan gelombang radio. Jika kita menggunakan GPRS, kita membutuhkan sebuah hanphone yang sudah mendukung teknologi GPRS dan sebuah SIM Card dari operator selular tertentu yang menyediakan layanan GPRS dan layanan GPRS tersebut telah diaktifkan di handphone kita.

Melalui Jaringan WiFi ( Wireless Fidelity )
WiFi adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data. Tentu saja kita juga harus berada pada lokasi-lokasi yang dijangkau oleh sinyal WiFi.

Melalui Jaringan TV Kabel.
Bila kita mengakses internet dengan menggunakan jarigan TV kabel, ada beberapa persyaratan yang harus kita penuhi, antara lain:
1.       Berlangganan dengan penyedia layanan TV kabel yang dilengkapi dengan layanan internet,
2.       Perangkat computer standar yang sudah dilengkapi dengan system operasi dan browser yang mendukung untuk internet,
3.       Kabel modem dengan DOCSIS system, modem yang dirancang khusus untuk jaringan TV kabel.
4.       Ethernet card.
Menggunakan 3G (3rd generation)
Teknologi telekomunikasi generasi ke tiga atau lebih popular dengan nama 3G ( baca : tri ji) adalah teknologi komunikasi nirkabel (wireless) yang dirancang dengan kecepatan tinggi. Jika kita ingin menggunakan 3G, kita membutuhkan handphone yang dilengkapi teknologi 3G dan SIM Card dari operator selular tertentu yang menyediakan layanan 3G. nomor handphone kita pun harus sudah terdaftar sebagai pelanggan 3G.

1.1.3  Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet
Berikut ini adalah contoh-contoh perangkat lunak (software) untuk menjalankan aplikasi internet.
1.       Microsoft internet Explorer, Mozilla firefox, Opera, Safari, google crhrome adalah browser yang digunakan untuk mengakses web atau aplikasi www.
2.       Cute FTP, Go!Zilla danm WSFTP adalah perangkat lunak untuk menjalankan aplikasi FTP.
3.       Yahoo Messenger, MiRC, IRC dam ICQ adalah program untuk menjalankan chatting.
4.       Outlook Ekspress, gmail, hotmail, plasa adalah perangkat lunak untuk aplikasi E-mail
Selain aplikasi-aplikasi di atas, saat ini ada berbagai aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu kita dalam bekerja di internet.

1.2         Mempersiapkan Komputer
1.2.1          Menginstal Modem
Menginstal sebuah modem dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
1.       Pasanglah modem di computer
2.       Hidupkan computer. Pada saat desktop ditampilkan,computer akan menampilkan pesan telah menemukan hardware baru yang belum diinstal.
3.       Klik ikon tersebut. Kotak doalog  found New hardware Wizard akan ditampilkan
4.       Pilih install the software automatically (Recommended). Kemudian klik tombol Next. Wizard langkah selanjutnya akan ditampilkan.
5.       Wizard akan meminta di mana harus mengambil file driver dari modem yang sedang diinstal. Klik tombol browser untuk memilih folder tersebut. Misalnya di drive C.
6.       Klik tombol OK.proses penginstalan akan di lanjutkan
7.       Bila proses penginstalan telah selesai, wizard langkah selanjutnya akan ditampilkan.
8.       Klik tombol finish. Modem kita siap digunakan.

Bila ikon found new hardware tidak ditampilkan di taskbar desktop, atau proses penginstalan yang dilakukan gagal, kita masih dapat menginstal modem dengan cara mengikuti langkah-langkah berikut ini.
1.       Dari menu start, klik setting, lalu klik tombol control panel. Jendela control panel akan ditampilkan.
2.       Bila tampilan control panel yang ditemui tidak seperti  yang seharusnya, klik teks Switch to classic View ( untuk computer dengan system operasi windows XP)
3.       Klik ikon Add Hardware. Kotak dialog Add Hardware Wizard akan ditampilkan. Wizard langkah selanjutnya  akan ditampilkan.
4.       Klik tombol Next. Semua hardware yang terhubung ke computer akan di deteksi.
5.       Tunggulah sampai proses pendeteksian hardware selesai dan wizard langkah selanjutnya ditampilkan.
6.       Pilihlah Yes, I have already connected the hardware. Klik tombol Next. Wizard langkah selanjutnya akan ditampilkan.
7.       Pilihlah modem yang akan diinstal. Kemudian klik tombol Next. Wizard langkah selanjutnya akan ditampilkan.
8.       Klik tombol Finish. Wizard untuk meng-update driver modem akan ditampilkan.
9.       Selanjutnya, ikuti langkah-langkah penginstalan seperti diatas ( mulai dari langkah 4 pada langkah-langkah menginstall modem diatas)

Setelah proses penginstalan modem selesai, modem tersebut siap digunakan. Selanjutnya, yang perlu dilakukan adalah membuat pengaturan koneksi ke internet menggunakan modem yang sudah diinstal tersebut.

Tidak ada komentar:

Entri Populer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

ANGGOTA BLOG SMPN 3 SAROLANGUN

Desain Oleh :