Sabtu, 04 Desember 2010

BAB II JARINGAN KOMPUTER DAN KOMUNIKASI DATA

Tidak ada komentar:


1.       JARINGAN KOMPUTER
Jaringan computer adalah kumpula computer yang saling terhubung satu dengan yang lainnya.
Dalam  sebuah jaringan computer, terdapat sebuah computer server dan computer client. Sesuai dengan namanya, computer server berfungsi  untuk melayani pengiriman dan penerimaan data dari computer-komputer yang ada dalam jaringan. Sedangkan computer client adalah computer yang menerima pelayanan.
                Bila jaringan computer terhubung dengan internet, computer server juga dapat berfungsi sebagai gateway. Di sebut sebagai gateway, karena computer server tersebut merupakan gerbang atau jalur yang di gunakan oleh computer client untuk mengakses internet. Computer server dapat juga berperan sebagai web server yang berfungsi untuk menyimpan halaman-halaman web dari sebuah situs web dan juga sebagai web server atau computer yang memberikan layanan e-mail. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari adanya jaringan computer, antara lain sebagai berikut.
1.       Membagi sumber daya
Jaringan computer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada. Sumber daya tersebut dapat berupa perlengkapan computer, seperti printer, maupun sumber daya yang berupa data-data, file-file dan program-program.
2.       Realibilitas Tinggi
Jaringan computer memungkinkan kita untuk mengopikan data-data ke dua atau tiga computer, bahkan lebih. Dengan demikian, apabila salah satu computer rusak dan data-data yang disimpan didalamnya hilang, kita masih dapat menggunakan data yang disimpan di computer lain.
3.       Menghemat Uang
Dengan menggunakan jaringan, perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan, misalnya printer. Dengan adanya jaringan computer, satu buah printer dapat digunakan oleh beberapa orang, sehingga perusahaan tidak perlu membeli printer untuk setiap karyawan.
4.       Sarana komunikasi
Jaringan computer dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi. Misalnya, ketika memberikan pengumuman rapat, pimpinan perusahaan tidak perlu mengirimkan surat kepada seluruh stafnya. Pimpinan perusahaan cukup mengirimkan undangan melalui jaringan computer yang ada.

2.       BERBAGAI JENIS JARINGAN
Dilihat secara fisik, jaringan computer dapat dibedakan menjadi dua, yaitu jairngan kabel dan jaringan tanpa kabel atau nirkabel (wireless Network). Jaringan kabel adalah jaringan computer yang secara fisik dihubungkan dengan kabel-kabel jaringan. Sedangkan jaringan tanpa kabel adalah jaringan computer yang dihubungkan dengan menggunakan gelombang radio. Jika dibandingkan dengan jaringan kabel, jaringan nirkabel memiliki kelebihan karena kemampuannya untuk bergerak, dengan jaringan tanpa kabel (nirkabel), kita dapat mengakses informasi dari mana saja tanpa harus tetap berada pada satu tempat tertentu.
                Dilihat dari area yang dicakupnya, secara umum jaringan computer dapat digolongkan atas empat jenis, yaitu sebagai berikut.
1.       LAN ( Lokal Area Network)
LAN adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran. Computer yang terhubung dalam satu LAN kebanyakan hanya berjarak beberapa puluh meter.
2.       MAN ( Metropolitan Area Network)
MAN adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. Umumnya, MAN digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan. Misalnya saja, kantor-kantor pemerintahan yang terdapat dalam sebuah kota dapat dihubungkan dengan MAN.


3.       WAN ( Wide Area Network)
WAN adalah jaringan computer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis. WAN dapat saja mencakup sebuah Negara atau benua.
4.       Internet
Internet juga merupakan sebuah jaringan computer. Internet merupakan jaringan yang sangat besar yang mencakup seluruh dunia. Internet merupakan kumpulan dari LAN, MAN dan WAN yang ada diseluruh dunia. Untuk menghubungkan jaringan-jaringan tersebut ke dalam sebuah jaringan internet yang sangat besar, maka dibangun jaringan kabel serat optic yang menghubungkan satu benua dengan benua yang lain. Kabel serat optic tersebut dibangun melalui dasar laut.

3.       PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER
Perangkat-perangkat sebuah jaringan computer adalah sebagai berikut.
1.       Server
Komputer server umumnya mempunyai system operasi, aplikasi dan database yang menyediakan layanan kepada computer-komputer lain dalam jaringan. Database yang terdapat di computer server biasanya berisi data-data yang digunakan bersama-sama oleh computer-komputer client.
2.       Client
Computer client adalah computer yang digunakan untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari server. Computer client menerima pelayanan dari computer server.
3.       Kartu Jaringan
Kartu jaringa adalah perangkat keras jaringan yang dipasangkan di motherboard computer yang terdapat di jaringan ( baik server maupun client).kartu jaringan memungkinkan computer-komputer yang terdapat dalam jaringan saling berkomunikasi dan mempertukarkan data-data.
4.       Hub
Hub berfungsi untuk membagi sinyal data dari kartu jaringan. Hub juga berfungsi sebagai penguat sinyal. Hub juga memungkinkan jarak antar computer yang dihubungkan oleh kabel jaringan menjadi lebih jauh.
5.       Kabel dan Konektor
Adalah kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu computer dengan computer yang lain. Kabel yang umum digunakan adalah kabel UTP.
6.       Repeater
Berfungsi untuk memperkuat sinyal di jaringan. Dengan menempatkan repeater maka jarak antarkomputer di jaringan dapat dibuat semakin jauh.
7.       Bridge
Adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan (LAN) dengan jaringan yang lain.
8.       Router
Berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu jaringan ke jaringan yang lainnya. Ada dua jenis router yang biasa digunakan, router dedicated yang merupakan keluaran dari pabrik dan router PC. Router PC adalah computer PC yang dibuat menjadi router.


KOMUNIKASI DAN KEAMANAN DATA

1.    KOMUNIKASI DATA
Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari dua computer yang terhubung dalam sebuah jaringan, baik jaringan local (LAN) maupun jaringan yang lebih luas, seperti internet. Komunikasi antar dua computer dilakukan dengan menggunakan protocol-protokol. Protocol adalah aturan-aturan yang membuat dua buah computer saling mengerti satu dengan yang lainnya. Protocol dapat juga disebut bahasa komunikasi computer.
        Salah satu protocol komunikasi data yang banyak digunakan untuk menangani komunikasi data dalam area yang luas adalah TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP merupakan sebuah kumpulan protocol yang bekerja sama untuk menangani proses pengiriman data. Masing-masing protocol mempunyai funsi dan secara keseluruhan dapat memastikan data yang dikirimkan  sampai ke alamat dan aplikasi yang benar serta dalam keadaan tidak rusak. TCP/IP mempunyai kelebihan, yaitu dapat mengomunikasikan dua buah computer yang berbeda jenis dan system operasi yang digunakan. TCP/IP memungkinkan komunikasi antara computer PC dengan macintosh atau antara system operasi windows dengan Unix atau Linux.
        TCP/IP terdiri dari empat lapis kumpulan protocol  atau biasa disebut dengan istilah layer. Setiap protocol dalam setiap layer mempunyai fungsi masing-masing. Keempat lapis kumpulan protocol yang ada di TCP/IP dan fungsi masing-masing protocol adalah sebagai berikut.
*      Application Layer
Lapisan ini berfungsi sebagai antarmuka antara pengguna dengan data. Pada lapisan ini terdapat semua aplikasi yang menggunakan protocol TCP/IP.
*      Transport Layer
Berfungsi untuk mengadakan komunikasi antara dua host/computer. Protocol yang ada pada lapis ini adalah TCP ( Trasnmission Control Protokol) dan UDP (User Datagram Protokol)
*      Internet Layer
Internet layer terdiri dari protocol IP, ARP, dan ICMP. Protocol IP berfunsi untuk menyampaikan paket data ke alamat yang tepat. ARP berfungsi untuk menemukan alamat hardware dari computer yang terletak pada jaringan yang sama. Sedangkan ICMP digunakan untuk mengirimkan pesan dan melaporkan kegagalan pengiriman data, sehingga data yang gagal terkirim akan dirimkan kembali.
*      Network Interface Layer
Berfungsi mengirimkan dan menerima data dari media fisik jaringan. Media fisik disini dapat berupa kabel jaringan, serat optic atau gelombang radio (jika jaringan merupakan jaringan kabel).

                  Pada saat mengirimkan data, setiap protocol akan menambahkan informasi kepada setiap paket data sebelum meneruskan paket data tesebut  kelayer dibawahnya. Informasi yang ditambahkan disebut dengan header dan berfungsi untuk mengontrol pengiriman dan penerimaan data agar berjalan dengan baik. Header akan ditempatkan dibagian depan setiap paket data. Proses penambahan header disebut dengan istilah enkapsulasi  (encapsulation). Salah satu tujuan jaringan computer dan internet dibuat adalah agar dua komputeratau lebih dapat saling berbagi sumber daya, termasuk data-data dan informasi.
                  Kemampuan jaringan melewatkan data tergantung kepada lebar pita jaringan atau seirng disebut  bandwidth. Kemampuan jaringan untuk melewatkan data diukur dengan satuan bits per second (bps), artinya adalah berapa bit data setiap detiknya yang akan dilewatkan dalam sebuah jaringan.

2.    KEAMANAN DATA DALAM JARINGAN
Selain penyadapan, computer yang digunakan dapat saja dijangkiti virus yang bekerjas sebagai spyware.spyware dapat merekam semua aktivitas yang dilakukan, tombol-tombol apa saja yang kita klik dan kemudian mengirimkannya kepada seseorang di internet. Ada dua bentuk aktivitas terhadap jaringan computer, yaitu hacking dan cracking. Hacking adalah usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi ataupun mencari kelemahan system secara illegal. Sedangkan cracking adalah usaha memasuki sebuah jaringan secara illegal dengan maksud mencuri, mengubah atau menghancurkan file atau data yang disimpan di computer-komputer yang di jaringan tersebut. Pelaku hacking disebut dengan hacker, sedangkan cracking disebut dengan cracker.

                Ada beberapa metode atau cara kerja yang digunakan hacker dan cracker untuk menyusup ke sebuah jaringan computer, antara lain sebagai berikut.
1.       Spoofing
Bentuk penyusupan dengan cara memalsukan identitas user sehingga hacker bias login ke sebuah  jaringan computer secara illegal. Pemalsuan identitas user ini menyebabkan hacker bias login seolah-olah sebagai user yang asli.
2.       Scanner
Menggunakan sebuah program yang secara otomatis akan mendeteksi kelemahan system keamanan sebuah jaringan di jaringan local ataupun computer di jaringan lain. Cara ini memungkinkan seorang hacker yang berada dijepang dapat melihat kelemahan system keamanan sebuah jaringan computer yang ada di Indonesia.
3.       Sniffer
Program ini berfungsi sebagai penganalisis jaringan dan bekerja untuk memonitor jaringan computer. Program tersebut mengatur kartu jaringan  untuk memonitor dan menangkap  semua lalu lintas paket data yang melalui jaringan, tanpa mempedulikan kepada siapa paket data tersebut dikirimkan.
4.       Password Cracker
Program ini dapat membuka password yang sudah di enkripsi (dikodekan). Selain itu ada juga password cracker yang bekerja dengan cara menghancurkan system keamanan password.
5.       Destructive Devices
Program ini berupa virus yang dibuat untuk menghancurkan data-data.

Beberapa teknik pengamanan data yang ada saat ini, antara lain sebagai berikut.
1.       Internet Firewall
Berfungsi untuk mencegah akses dari pihak luar kesistem internal. Dengan demikian, data-data yang berada didalam jaringan computer tidak dapat diakses oleh pihak-pihak luar yang tidak bertanggung jawab. Firewall bekerja dengan dua cara, yaitu menggunakan filter dan froxy. Firewall filter menyaring komunikasi agar terjadi seperlunya saja, hanya aplikasi tertentu saja yang bias lewat dan hanya computer dengan identitas tertentu saja yang bisa berhubungan . firewall froxy berarti mengizinkan pemakai dari dalam untuk mengakses internet seluas-luasnya, namun dari luar internet hanya dapat mengakses satu computer tertentu saja.
2.       Kriptografi
Adalah seni menyandikan data. Ada dua proses yang terjadi dalam kriptografi, yaitu proses enkripsi dan dekripsi.
Proses enkripsi adalah proses mengubah data asli menjadi data sandi. Sedangkan proses dekripsi adalah proses mengembalikan data sandi menjadi data aslinya. Data asli atau data yang akan disandikan disebut dengan plain teks. Sedangkan data hasil penyandian disebut dengan cipher teks. Proses enkripsi terjadi di computer pengirim, sebelum data tersebut dikirimkan. Sedangkan proses dekripsi terjadi di computer penerima sesaat setelah data diterima, sehingga penerima dapat mengerti data yang dikirimkan.
3.       Secure Socket Layer (SSL)
Secure socket layer berfugsi untuk menyandikan data. Dengan cara ini, computer-komputer yang berada di antara computer pengirim dan penerima tidak dapat lagi membaca isi data.

Menurut penelitian, tidak ada jaringan computer dan komunikasi data yang benar-benar aman. Teknologi-teknologi tersebut dibuat hanyalah untuk mengurangi risiko yang mungkin terjadi.

Tidak ada komentar:

Entri Populer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

ANGGOTA BLOG SMPN 3 SAROLANGUN

Desain Oleh :